Jogja dengan Candi-Candi Eksotis yang Dimilikinya

Selama ini pasti sering mendengar bahwa di Yogyakarta terdapat banyak candi-candi peninggalan sejarah. Namun, seberapa banyak yang tahu candi apa saja sebenarnya yang dimiliki Jogja. Beberapa paket wisata Jogja mungkin hanya menawarkan jalan-jalan ke Candi Prambanan dan Borobudur, karena memang kedua candi tersebut sudah dikenal seantero Indonesia. Bahkan sudah dibakukan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Namun, selain kedua candi tersebut, ternyata Jogja masih punya yang lain. Apa saja itu? Berikut ini ulasannya.

  1. Candi Ratu Boko, Jogja

 Kraton Ratu Boko, Jogja

Salah satu candi yang mulai mendapatkan perhatian dari masyarakat adalah Candi Ratu Boko. Bentuknya berupa reruntuhandan memiliki pemandangan indah saat senja. Candi ini sangat erat sejarahnya dengan perkembangan Hindu di Yogyakarta. Selain itu, meskipun disebut candi, situs sejarah ini sebenarnya merupakan istana. Tidak heran jika beberapa orang menyebutnya Ratu Boko saja tanpa embel-embel candi. Kunjugan ke kraton Ratu Boko ini menjadi salah satu favorit dalam beberapa paket wisata seperti paket wisata Jogja 3 hari 2 malam atau paket wisata Jogja 4 hari 3 malam.

  1. Candi Ijo, Jogja

 Candi Ijo, Jogja

Apabila ingin mengunjungi candi dengan ketinggian mencapai 394.581 MDPL, maka Candi Ijo adalah tempatnya. Disebut Candi Ijo karena lokasinya berada di Bukit Ijo. Candi ini sendiri diperkirakan dibangun sekitar abad 9 Masehi, dengan 17 struktur bangunan. Meskipun Candi Ijo tidak begitu besar, tapi view di tempat ini sangat memanjakan mata. Hamparan warna hijau dan pegunungan bisa dijadikan background foto yang begitu cantik.

  1. Candi Barong, Jogja

 Candi Barong, Jogja

Tidak jauh-jauh dari candi-candi lainnya, di Dusun Candisari ada sebuah situs sejarah yang dinamakan Candi Barong. Puncak candi ini pun lebih mirip kepala barong yang ada di Bali, sehingga namanya menjadi Candi Barong. Meskipun candi ini tidak begitu luas, tapi pemandangan dari atas bukit tetap akan membuat Anda merasa puas berada di sini. Di Candi Barong, Anda pun bisa menikmati sunset atau sunrise.

  1. Candi Sambisari, Jogja

 Candi Sambisari, Jogja

Masih dengan candi peninggalan Hindu, di Jogja ada sebuah situs candi yang diberi nama Candi Sambisari. Berbeda dengan beberapa candi yang disebut di atas, Candi Sambisari ini letaknya cukup rendah, yakni hanya 6,5m dari permukaan tanah. Selain itu, ketika tahun 1966 ditemukan, banyak artefak serta harta karun yang ditemukan di candi ini.