• Home »
  • Blog »
  • Menyelami Wisata Budaya dengan Berkunjung ke Keraton Yogyakarta

Menyelami Wisata Budaya dengan Berkunjung ke Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Berkunjung ke Yogyakarta tentunya belum lengkap jika kita belum menyelami wisata budaya di kota ini. Dan salah satu tempat yang sangat pas untuk mengenal lebih jauh budaya Jawa adalah dengan berkunjung ke Keraton Yogyakarta. Nah, sebelum kita berkunjung ke Keraton Yogyakarta, baik itu dengan ikut paket wisata Jogja atau berwisata sendiri, maka sebaiknya kita berkenalan dulu dengan Keraton Yogyakarta.

Lokasi dan Cara Berkunjung ke Keraton Yogyakarta

Untuk bisa berkunjung ke Keraton Yogyakarta tidaklah sulit. Pasalnya Keraton Yogyakarta terletak di tengah-tengah kota Yogyakarta, yaitu terletak di tengah-tengah antara Gunung Merapi dan Laut Kidul. Nah, supaya bisa ke tempat ini, maka banyak jalur bisa Anda tempuh, tentunya bergantung dari mana Anda datang. Jika Anda berasal dari daerah Semarang atau Wonosobo, maka Anda bisa melewati Ungaran-Ambarawa dan Magelang.

Daya Tarik Keraton Yogyakarta

Berbicara mengenai Keraton Yogyakarta, tentunya Anda penasaran dengan daya tariknya sehingga banyak dikunjungi wisatawan. Saat Anda masuk ke wilayah Keraton Yogyakarta, maka kesan pertama yang pasti Anda rasakan adalah nuansa Jawa yang kental. Hal ini bisa dilihat dari arsitektur bangunannya.

Kemudian saat Anda masuk lebih dalam di Keraton Yogyakarta, maka Anda pun akan menyaksikan secara langsung baragam kesenian Jawa yang masih tersimpan dengan apik dalam bentuk ragam pakaian adat dan pernak-pernik yang menghiasai Keraton Yogyakarta ini.

Tata Krama dan Waktu Kunjungan Keraton Yogyakarta

Saat kita berkunjung ke suatu tempat, maka kita perlu menyesuaikan dengan budaya setempat. Begitupula ketika kita berkunjung ke Keraton Yogyakarta. Untuk bisa masuk ke Keraton Yogyakarta, maka setiap pengunjung wajib membayar biaya retribusi sebesar 10 ribu rupiah. Dan saat wisatawan mengunjungi tempat ini, maka dilarang untuk memakai topi dan kacamata. Ini dimaksudkan untuk menghormati budaya Jawa yang dipakai di lingkungan Keraton.

Apabila Anda ingin berkunjung ke Keraton Yogyakarta, maka sebaiknya Anda memilih waktu yang tepat, supaya Anda bisa menyaksikan pertunjukan tari khas Jawa. Dan waktu yang tepat untuk berkunjung adalah sekitar jam 9 pagi. Perlu diketahui juga bahwa jam kunjungan di Keraton Yogyakarta dibatasi hanya dari jam 7 pagi hingga jam 12 siang saja.