Naik Perahu di Sungai Maron, Pacitan

Sungai Maron Pacitan

Tidak hanya pantai dan goa saja yang bisa anda temui di Pacitan, anda juga bisa berwisata menyusuri sungai Maron dengan menggunakan perahu. Destinasi ini disebut sebagai destinasi Sungai Amazonnya Pacitan. Panorama alam ketika anda menyusuri sungai ini diantaranya pohon kelapa dan pohon-pohon lainnya yang rindang. Kedalaman sungai ini cukup tinggi, sungai ini mempunyai kedalaman mulai dari 1 sampai dengan 20 meter, air jernihnya yang berwarna biruke hijauan jika terkena sinar matahari kadang-kadang dapat menembus bagian terdalam.

Sungai Maron ini terletak di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, di sebelah barat kota Pacitan. Untuk tiba di destinasi wisata ini, anda bisa menggunakan rute dari Kota Pacitan dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Letak Sungai Maron ini juga cukup strategis, letaknya dekat dengan destinasi wisata lainnya, sehingga anda bisa langsung melakukan wisata di tempat lain setelah dari Sungai Maron. Selain Pantai Klayar, Pantai Banyu Tibo, Goa Gong, Sungai Maron adalah salah satu destinasi favorit dalam paket wisata Pacitan yang wajib anda kunjungi!

Menyusuri Sungai Maron dengan Perahu

Bagi para wisatawan yang ingin menyusuri Sungai Maron, anda bisa menyewa perahu dengan harga sekitar Rp 100.000,- – Rp 150.000,- tiap perahu untuk 6 orang. Ketika menyewa, anda akan ditemani dengan pemandu wisata yang sekalian mengemudikan perahu tersebut dengan handal. Perjalanan menyusuri Sungai Maron akan ditempuh dengan waktu sekitar 45 menit, perjalanan anda akan berujung di muara Pantai Ngiriboyo dengan jarakse kitar 4,5 km.

Pada waktu-waktu tertentu, anda juga bisa menyaksikan para atlet atau warga setempat yang sedang melakukan perlombaan dayung, biasanya lomba diadakan di sepanjang sungai, berakhir di Pantai Ngiroboyo. Waktu terbaik untuk mengunjungi  Sungai Maron ini adalah ketika musim kemarau, biasanya air sungai akan kering ketika musim kemarau, tapi tidak di Sungai Maron. Ketika musim kemarau, air di Sungai Maron akan lebih terlihat jernih, warnanya kebiruan dan sangat indah. Berbeda jika anda mengunjungi sungai ketika musim hujan, air sungainya bisa meluap dan berwarna kecoklatan.